Kriteria Lulus UN SMA 2015

By Ibnu Adam   Posted at  19.03   PendidikanNews 1 comment

Ujian Nasional UNAS SMA 2015 telah dilaksanakan pada tanggal 13 April-15 April kemarin. Pengumuman kelulusan Unas SMA 2015 dijadwalkan pada tanggal 18 Mei 2015 yang akan datang.

Tentunya mengetahui kriteria Lulus UNAS tingkat SMA/SMK/MA perlu diketahui oleh para siswa dan peserta didik untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah di perguruan tinggi atau Universitas yang menjadi impiannya.

Hasil UN bukan penentu kelulusan siswa tahun 2015 juga telah ditentukan oleh pemerintah dan juga Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan pula.

Kriteria Kelulusan UN SMA 2015

Penentu Kelulusan UNAS Tingkat SMA MA SMK 2015


Kelulusan Peserta Didik, menegaskan kelulusan peserta didik ditetapkan satuan pendidikan. Dengan demikian bhawa dominasi peran UN sebagai penentu kelulusan sudah dihapus oleh Pemerintah.

Sekolah dan pendidik sudah diberikan kewenangan lebih besar dalam menentukan kelulusan peserta didiknya, seperti yang diharapkan banyak pihak.

Hasil UN hanya sebagai bahan evaluasi dan pemetaan kebijakan pemerintah dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pertimbangan masuk perguruan tinggi.

Sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2015 bahwa sekolah tingkat SMP/SMA/SMK sebenarnya diberi kebebasan menentukan formulasi/komposisi/persentase besaran nilai ujian sekolah dan rata-rata nilai rapor, yang akan menjadi syarat utama kelulusan tersebut,

Yaitu bahwa syarat kriteria Lulus UN 2015 adalah perolehan 30-50 persen nilai ujian sekolah dan 50-70 persen nilai rapor. Namun, Kemdikbud menetapkan nilai standar kelulusan UN untuk tiap mata pelajaran yang diujikan lebih dari 5,5.

Siswa yang hanya mendapatkan nilai 5,5 atau kurang untuk suatu mata pelajaran, dapat mengulang ujian pada tahun berikutnya untuk mata pelajaran itu saja.

Bahkan, direncanakan mulai 2016, UN diselenggarakan awal semester terakhir sehingga siswa yang mendapat nilai di bawah standar atau tidak lulus untuk mata pelajaran tertentu bisa mengulang pada semester yang sama, tanpa harus menunggu tahun berikutnya.

Dengan kebijakan ini, siswa diharapkan terpacu memperbaiki kemampuan diri terhadap mata pelajaran tertentu dan mendapat hasil maksimal terhadap pencapaian standar nasional.

Pihak sekolah merespons positif formula ini, bahwa UN bukan lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa. Namun, dimasukkannya penilaian keseharian siswa dalam penetuan kelulusan, dipandang sebagai suatu kebijakan yang terlambat.

Sudah semestinya kelulusan siswa ditentukan dari keseluruhan kemampuan yang ada pada dirinya, yakni mencakup aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Ini berarti pemerintah pusat sudah sadar hingga kini, formulasi kelulusan siswa belum tepat dan kurang efektif mengukur tingkat kecerdasan atau kemampuan para siswa.

Penentu Kelulusan UNAS Tingkat SMA MA SMK 2015

UN 2015 dilaksanakan dalam dua model, Ujian Nasional paper based test (PBT) dan Ujian Nasional computer based test (CBT). UN model PBT teknisnya sama dengan yang sudah terlaksana selama ini. Siswa mengerjakan soal UN secara manual, dengan kertas jawaban yang tersedia.

Dalam UN CBT, siswa mengerjakan soal di komputer. UN CBT memiliki nilai positif, antara lain validitas hasil, hemat anggaran, dan mencegah berbagai kecurangan. Kondisi geografis dan kekurangan infrastruktur (komputer, jaringan internet, listrik, dan SDM) menjadikan tidak semua sekolah menerapkan UN CBT.

Harus diakui, sehebat apa pun sistem yang dibangun tentu ada kekurangannya, begitu juga dengan sistem UN CBT. Namun, setidaknya kita sudah melihat adanya niat baik dari pemerintah untuk memperbaiki kelemahan dan kekurangan setiap pelaksanaan UN.

Daftar nama siswa yang lulus UN CBT Dan UN kertas tahun 2015 akan diumumkan resmi oleh pemerintah yang berdasarkan jadwal adalah pada tanggal 18 Mei 2015 ini.

1 komentar:

  1. Informasi yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang masih magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    BalasHapus

    Popular Posts

© 2015 Berita Update. WP Mythemeshop converted by Bloggertheme9.
Powered by Blogger.
back to top